Anda belum login :: 24 Nov 2024 05:37 WIB
Detail
BukuPeningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah SD Strada Bhakti Wiyata I
Bibliografi
Author: KARTINI, AGATA YANA ; CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor)
Topik: Pemahaman Konsep; Pembelajaran Berbasis Masalah
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2014    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2010035034_FKIPPGSD.pdf (8.55MB; 29 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-253
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pemahaman konsep merupakan pengertian yang dibangun berdasarkan kesanggupan untuk mengenal fakta, konsep, prinsip dan kemampuan.Konsep yang diajarkan dalam penelitian ini adalah konsep luas bangun datar segitiga dan jajargenjang yang diajarkan di kelas IV SD. Pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan suatu permasalahan. Dengan adanya permasalahan yang diajukan siswa belajar memahami dan mengidentifikasikan permasalahan tersebut untuk diselesaikan dengan tepat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif, yang berarti dalam penelitian tersebut terdapat tindakan-tindakan tertentu yang bertujuan memperbaiki atau meningkatkan suatu pembelajaran di dalam kelas secara lebih profesional. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Siklus 1 diadakan 3 kali pertemuan sedangkan siklus 2 diadakan 2 pertemuan. Dalam siklus 1 siswa belajar memahami konsep luas bangun datar segitiga dan siklus 2 siswa belajar memahami konsep luas bangun datar jajargenjang melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini diadakan pada bulan Agustus-Desember dengan subjek penelitian 34 siswa kelas IVB. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes dan postes pemahaman matematika, lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD Strada Bhakti Wiyata I dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang ditunjukan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang memiliki nilai di atas KKM, yaitu 18 siswa mendapat nilai di atas KKM pada postes siklus 1 dan 23 siswa yang mendapat nilai di atas KKM pada postes siklus 2. Meningkatnya pemahaman konsep matematika siswa kelas IV juga dapat dilihat melalui jumlah siswa yang termasuk dalam klasifikasi nilai rendah, sedang dan tinggi berdasarkan nilai postes siklus 1 dan 2. Selain itu peneliti juga melihat bahwa jumlah kenaikan rata-rata skor siswa dapat dilihat berdasarkan indikator pembelajarannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah dapat diterapkan di kelas IV sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV khususnya dalam materi luas segitiga dan jajargenjang. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar guru menerapkan pembelajaran matematika dengan memberikan permasalahan matematika melalui pembelajaran berbasis masalah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)