Seseorang dapat dikatakan telah belajar sesuatu jikadapat menunjukkan perubahan pada perilakunya. Belajar yang dilakukan pada lingkup sekolah, atau pada suatu lingkungan khusus dapat diartikan sebagai pembelajaran. Seorang guru harus mampu merancang pembelajaran yang menarik bagi siswa.Salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran.Media pembelajaran adalah alat-alat fisik yang dipersiapkan sebelum pembelajaran dilaksanakan untuk memperjelas materi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pemahaman konsep adalah suatu caradengan menangkap sari dan makna hal-hal yang dipelajari sehingga dapat memberikan penjelasan yang tepat.Siswa kelas IV SD berumur sekitar 10 sampai 11 tahun. Pada tahap perkembangan kognitif, mereka berada pada tahap operasional konkret. Pada tahap ini ditandai sudah mampu berpikir konkret dalam memahami sesuatu sebagaimana kenyataannya, mampu mengkonservasi angka, serta memahami konsep melalui pengalaman sendiri dan lebih objektif. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan kertas berpetak untuk meningkatkan pemahaman konsep luas segitiga dan jajar genjang pada siswa kelas IV. Subjek penelitian adalah guru sebagai peneliti, siswa kelas IVA SD yang berjumlah 34 siswa, dengan jumlah 18 anak laki-laki dan 16 anak perempuan, serta guru Matematika kelas IVA sebagai observer. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi/pengamatan, tes, dan dokumentasi. Hasil observasi dianalisis secara deskriptif; hasil tes dianalisis dengan membandingkan hasil pretest dan posttest, mencari rata-rata dari pretest dan posttest, kemudian membandingkannya dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM); sedangkan data dokumentasi dianalisis dengan memilih dokumen yang sesuai dengan proses pembelajaran. Penelitian ini akan dilaksanakan dua siklus, dimana pada setiap siklus akan dilaksankan dua kali pertemuan. Pada siklus I siswa dapat menemukan rumus luas segitiga dengan menggunakan media kertas berpetak.Pada siklus II siswa dapat menemukan rumus luas jajar genjang dengan menggunakan media kertas berpetak. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian bahwa dengan menggunakan media kertas berpetak dapat meningkatkan pemahaman konsep luas segitiga dan jajar genjang di kelas IVA Sekolah Dasar.Penggunaan media kertas berpetak tersebut dilaksanakan melalui aktivitas kelompok.Siswa menemukan sendiri konsep segitiga dan jajar genjang dengan menggunakan kertas berpetak.Sehingga dapat disimpulkan bahwa media kertas berpetak menjadi sarana untuk menemukan rumus luas segitiga dan jajar genjang.Hal ini dilihat dari perbandingan hasil rata-rata posttest siklus I yaitu 73.09 dan nilai hasil rata-rata posttest siklus II yaitu 85.88. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru sebaiknya menyiapkan pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran yang konkret untuk memperjelas materi yang akan disampaikan. |