Efikasi diri adalah keyakinan atas kemampuan diri untuk melakukan serangkaian tindakan atau tugas yang dapat diukur melalui dimensi efikasi diri, yaitu kesukaran (magnitude), generalisasi (generality), kekuatan (strength). Pendidikan yang diselenggarakan di sekolah meliputi bidang akademik dan bidang non akademik. Pendidikan non akademik diselenggarakan melalui kegiatan ekstrakurikuler, OSIS, MPK, LDK dan kepanitian acara sekolah. Kegiatan tersebut termasuk dalam kegiatan kesiswaan. Kegiatan kesiswaan adalah kegiatan di luar jam pelajaran yang berada dibawah pengawasan Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran efikasi diri siswa kelas XI yang terlibat dalam kegiatan kesiswaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang memberikan gambaran tentang efikasi diri siswa sekolah homogen pria yang terlibat dalam kegiatan kesiswaan. Sampel penelitian sebanyak 66 siswa kelas XI SMA Pangudi Luhur 1 tahun ajaran 2012 s/d 2013 dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala penilaian yang mengukur efikasi diri siswa yang terlibat dalam kegiatan kesiswaan. Variabel efikasi diri diukur melalui tiga dimensi efikasi diri sebagai komponen, yaitu kesukaran, generalisasi dan kekuatan. Berdasarkan hasil ujicoba instrumen dari 60 butir pernyataan mengenai efikasi diri siswa yang terlibat dalam kegiatan kesiswaan diperoleh 56 butir pernyataan yang valid dan reliabilitas sebesar 0,949. Berdasarkan deskriptif data diketahui skor tertinggi sebesar 256 dan skor terendah sebesar 131. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 63,6% sampel memiliki efikasi diri sedang, 36,4% sampel memiliki efikasi diri dan tidak terdapat siswa kelas XI yang memiliki efikasi diri yang rendah dalam keterlibatan pada kegiatan kesiswaan. Hal itu menunjukan bahwa siswa kelas XI SMA Pangudi Luhur1 memiliki efikasi diri pada klasifikasi sedang. Berdasarkan hasil analisis data komponen yang memiliki persentase tertinggi pada jawaban selalu dan sering yaitu komponen generalisasi sebesar 59,4%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa kelas XI SMA Pangudi Luhur 1 memiliki efikasi diri yang cukup tinggi, maka peneliti memberikan saran kepada pihak SMA Pangudi Luhur 1 Jakarta untuk mempertahankan efikasi diri siswa. Pihak sekolah diharapkan dapat memberikan dukungan material dan dukungan psikologis, serta bimbingan kepada siswa yang terlibat dalam kegiatan kesiswaan. Peneliti juga mengharapkan Kepala Sekolah bersama Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan membuat aktivitas yang kondusif antar sekolah dalam satu Yayasan maupun sekolah lainnya, sehingga efikasi diri siswa SMA Pangudi Luhur 1 semakin optimal. |