Sneakers merupakan sepatu olahraga yang kemudian beralih fungsi menjadi sepatu kasual. Sepatu ini sangat digemari oleh anak muda. Saat ini salah satu merek sneakers yang sangat terkenal adalah Converse. Selain Converse, banyak terdapat pesaing lain, salah satunya adalah Airwalk. Kedua merek ini memiliki segmen yang sama dan memiliki produk yang relatif hampir serupa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan kedua merek tersebut. Perbandingan produk sepatu kedua merek ini dilihat dari persepsi produk dan persepsi faktor personal. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna produk sepatu merek Converse atau merek Airwalk merupakan mahasiswa anggota UKM Bola Basket Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Data yang diperoleh melalui data primer dengan menyebarkan kuesioner. Dari hasil penelitian ini, tidak ada perbedaan baik dari persepsi produk maupun faktor personal Converse dengan Airwalk. Namun berdasarkan data deskriptifnya, secara umum atribut sepatu Converse lebih baik daripada Airwalk namun tidak signifikan. Pada kriteria pembelian saat membeli sepatu, kelompok pemilik sepatu Converse mementingkan faktor kenyamanan, sedangkan kelompok sepatu Airwalk lebih mementingkan faktor harga. |