Fungsi marketing dan customer service adafah salah satu fungsi yang marupakan ujung tombak Perusahaan agar dapal tetap lumbuh berkesinambungan di dalam persarngan yang sangat ketal Olah karena itu perusahaan memerlukan audit manajemen sebagai alat untuk menilai efektrfitas dan efisiensi dari kegiatan perusahaan pada fungsi marketing dan customer service serta pengendalian internal yang terksil. Penulis melakukan penelitian pada PT.Remindo Prima Mitra (Perusahaan). Data penelitian diperoteh melalui wawancara kuesiooer (daftar pertanyaan) dan observasi sebagai dasar penulis dalam melakukan audit manajamen atas pelaksanaan kebijakan, prosedur, dan pengendalian internal yang diterapkan pada fungsi marketing dan customer service. Berdasarkan nasil penelitian yang drlakukan, penulis menarik kesimpulan bahwa kebijakan, prosadur. dan pengendalian internal yang dimiliki masih tendapat hal yang periu diperbaiki, Beberapa tamuan yang signifikan diantaranya adalah Perusahaan ndak memiliki prosedur dan kebijakan tertu/is untuk fungsi marketing dan customer service, jumlah karyawan yang dimiliki sangat terbatas, audit internal dilakukan oJeh bagian accounting, dan fungsi customer service berada dalam fungsi marketing. Dengan kondisi demikian Perusahaan dapal melakukan perbaikan lerhadap kebijakan, prosedur, serta pengendalian internal pada fungsi marketing dan customer service untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi sapertr membuat prosedur dan kebijakan secara tertulis( menambah karyawan sasuat dengan kebutuhsn agar tidak ada karyawan yang merangkap untuk beberapa pekerjaan dari divisi yang berbeda, membuat internal audit Perusahaan yang indapenden, dan membuat divisi customer service yang independen. |