Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apakah terdapat pengaruh diskon harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian serta kepuasan konsumen yang berkantor di sekitar Graha Mustika Ratu. Dengan tingkat persaingannya yang sangat ketat, perusahaan semakin dituntut untuk dapat membuat produknya agar bisa diterima oleh konsumen. Banyak faktor yang akan menjadi pertimbangan bagi seorang konsumen dalam memilih suatu barang maupun jasa, sehingga mereka dapat menetapkan pilihan terbaiknya. Jika dilihat dari barang, salah satu yang menjadi pertimbangan konsumen adalah terletak pada diskon harga dan kualitas produk. Dengan adanya diskon harga dan kualitas produk yang sesuai dengan harapan konsumen, maka secara tidak langsung akan meningkatkan motivasi konsumen untuk membeli dan dapat membina hubungan yang saling menguntungkan antara penyedia produk dengan konsumen tersebut, sehingga mengetahui kepuasan konsumen.
Dalam melakukan pengujian, peneliti menggunakan produk Mustika Ratu sebagai obyek penelitian. Penelitian dilakukan dengan metode survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden konsumen Mustika Ratu di lokasi Graha Mustika Ratu Jakarta. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode convenience sampling. Untuk menjawab penelitian ada beberapa analisis yang dilakukan yaitu uji validitas dan reliabilitas, dan regresi, Data yang didapatkan kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan SPSS. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara diskon harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian serta kepuasan konsumen pada PT. Mustika Ratu. |