Pengukuran kinerja sangat penting untuk menilai seberapa baik manajemen suatu perusahaan dalam menjalankan roda aktivitasnya, Selama ini pengukuran kinerja yang sering digunakan hanya memtikberatkan pada perspektif keuangan, tanpa memperhatikan aspek nonkeuangan, sehingga tidak me ngg am bark an kinerja perusahaan secara keseluruhan. Oleh karena itu penulis mencoba menerapkan pendekatan Balanced Scorecard pada PT Celebes Indah untuk mengukur kinerja perusahaan. Dari hasil yang diperoleh, penulis menyimpulkan bahwa kinerja perusahaan secara keseJuruhan belum optimal. Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, karyawan merasa puas bekerja di PT Celebes Indah. Pada perspektif proses bisnis internal, PT Celebes Indah dinilai masih kurang baik dalam hal rework level Pada perspektif peianggan, PT Celebes Indah dinilai cukup memuaskan dalam pengukuran retensi dan kepuasan pelanggan. Terakhir, dalam perspektif keuangan, PT Celebes Indah secara keseluruhan menunjukkan kinerja keuangan yang kurang baik, terutama pada Total Asset Turnover dan ROI untuk pehode tahun 2011 s/d tahun 2012. |