Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:11 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pembentukan dimensi service quality dengan analisis faktor (di dalam Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper Forum Manajemen Indonesia (FMI) ke-5 Pontianak, 23-24 Oktober 2013)
Bibliografi
Author:
Soelasih, Yasintha
Topik:
Service quality
;
dimensi
;
TERRA
;
paradigma
;
perusahaan penerbangan
;
JABFUNG-YAS-2017-12
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Forum Manajemen Indonesia
Tempat Terbit:
Pontianak
Tahun Terbit:
2013
Jenis:
Papers/Makalah - pada seminar nasional
Fulltext:
FMI5 - Yasintha Soelasih - text optim2.pdf
(7.1MB;
11 download
)
Abstract
Perkembangan service quality yang dimulai oleh Gronross tahun 1984, menimbulkan berbagai paradigma. Paradigma yang timbul diantaranya disconfirmation dan attitudinal. Dimana pada saat menggunakan disconfirmation maka service quality disebut dengan SERVQUAL sedangkan pada saat menggunakan paradigma attitudinal disebut dengan SERVPREF. Dimensi yang dikembangkan oleh Parasuraman pada tahun 1985 menggunakan tangible, empathy, responsiveness, reliability dan assurance (TERRA). Dalam perkembangannya dimensi yang digunakan tidak hanya didasarkan pada TERRA tetapi dapat dikembangkan dari permasalahan yang diteliti seperti pendapat
dari Opricovic and Tzeng, 2004. Penelitian ini mencoba membentuk dimensi yang didasarkan
pada permasalahan yang diteliti. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dimensi pada penerbangan yang terbentuk dari permasalahan tersebut. Untuk menjawab tujuan penelitian maka metode yang digunakan adalah dengan analisis faktor. Sampel yang digunakan sebanyak 158 dengan pengatnbilan secara simple random sampling. Sampel dibagikan kepada responden dibandara Soekarno Hatta dengan cara mengacak hari dan waktu untuk pengambilan sampel tersebut. Indikator yang digunakan untuk service quality sebanyak tiga puluh. Hasil perhitungan dengan menggunakan analisis faktor dari tiga puluh indikator menghasilkan enam dimensi. Enam dimensi yang dihasilkan pada
perusahaan penerbangan di Indonesia adalah informasi penerbangan, pembelian tiket, checkin,
ketepatan waktu terbang, saat terbang dan setelah terbang. Penelitian ini membuktikan bahwa dimensi dalam service quality dapat dibentuk dari permasalahan yang diteliti.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)