Makanan ringan (snack) merupakan salah satu komoditi produk makanan yang paling digemari di Indonesia, khususnya oleh kalangan remaja. Maraknya produk makanan ringan di Indonesia memunculkan persaingan ketat dalam industri makanan ringan. Salah satu strategi bersaing yang lazim digunakan para produsen adalah dengan mengembangkan disain Kemasan (packaging) dan Label (labeling) produk agar lebih inovatif, sehingga menciptakan ketertarikan konsumen. Kemasan dan label merupakan hal pertama yang melakukan kontak secara langsung dengan konsumen, yang akhirnya akan menentukan keputusan konsumen dalam membeli produk. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memahami pengaruh Kemasan dan Label terhadap Perilaku Pembelian remaja pada produk makanan ringan di Indonesia. Pengumpulan data dengan metode accidental sampling diperoleh dengan cara menyebarkan kuisioner di mall-mall di wilayah DKI Jakarta. Berdasarkan hasil sampling yang dilakukan, didapat 160 pengunjung sebagai sampel. Pengujian data dilakukan menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan Software Linear Structural Relationship 8.80. Hasil analisis, dan pembahasan dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kemasan dan Label terhadap Perilaku Pembelian remaja pada produk makanan ringan. |