Keadaan bangsa Indonesia sebagai negara berkembang menuntut Indonesia untuk mempunyai generasi penerus yang berkualitas. Untuk itu, pemerintah menjalankan program wajib belajar 12 tahun dimana jenjang pendidikan pertama program tersebut adalah Sekolah Dasar. Pada kesempatan ini, penulis meneliti fungsi operasional sistem pengajaran di SD Marsudirini Bekasi dengan membandingkan kebijakan pemerintah yang ada dengan yang diterapkan pada SD Marsudirini Bekasi dan menelaah data SD Marsudirini Bekasi selama 5 tahun ajaran. Skripsi yang berjudul “Audit Manajemen atas Fungsi Operasional untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Sistem Pengajaran pada Sekolah Dasar Marsudirini Bekasi” bertujuan untuk mengetahui apakah sistem pengajaran pada SD Marsudirini Bekasi sudah efisien dan efektif, mengetahui apakah sarana dan prasarana sudah memadai, dan juga untuk mengetahui penyebab terjadinya penurunan pada jumlah murid yang mendaftar. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara, observasi, dan membagikan kuesioner pada orang tua murid dan guru. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis menyimpulkan sistem pengajaran di SD Marsudirini Bekasi telah efektif dan efisien. Sarana dan prasarana sudah memadai dan dimanfaatkan dengan maksimal. Dan penyebab terjadinya penurunan jumlah murid dikarenakan lingkungan sekitar Sekolah Marsudirini Bekasi yang berdampingan dengan dua sekolah lain. Penulis memberikan saran untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi fungsi operasional SD Marsudirini Bekasi. |