Penerapan PAKEM, pembelajaranBahasa Indonesia, kemampuanmenulis
Penerapan PAKEM di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia termasuk salah satu strategi yang tepat agar dapat mengaktifkan siswa, mengasah kreativitas guru dan siswa, membuat pembelajaran yang berlangsung menjadi lebih efektif dan bermakna, serta menciptakan suasana belajar terutama pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan lebih menyenangkan bagi siswa kelas IVB. Penerapan PAKEM dalam pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan bagi siswa kelas IVB dalam meningkatkan kemampuan menulisnya. Melalui penerapan PAKEM pembelajaran akan berlangsung dengan menyenangkan bagi siswa kelas IVB, dapat mengaktifkan siswa, mengasah kreativitas guru dan siswa, serta menjadikan pembelajaran yang berlangsung menjadi efektif. Kemampuan menulis siswa kelas IVB SD Strada Van Lith I akan meningkat seiring dengan penerapan PAKEM pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dalam pelajaran Bahasa Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IVB SD Strada Van Lith I.Subjek penelitian adalah guru sebagai peneliti serta observer, dan siswa kelas IVB SD Strada Van Lith I yang berjumlah 35 orang siswa yang terdiri dari 23 orang siswa laki-laki, dan 12 orang siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus pertama pembelajaran bertemakan "kasih sayang", siswa membaca nyaring secara bergantian, dan siswa melengkapi cerita yang rumpang. Pada siklus berikutnya siswa membaca nyaring secara bergantian, siswa menyusun gambar seri yang acak sehingga menjadi sebuah gambar seri yang urut, melengkapi cerita sesuai dengan gambar seri acak yang sudah tersusun urut, siswa melakukan presentasi atas hasil kerjanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil observasi dianalisis secara naratif/deskriptif. Hasil tes dianalisis secara kuantitatif melalui penghitungan penghitungan hasil tes yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan melalui penerapan PAKEM pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis siswa kelas IVB. Hal ini terlihat berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh melalui siklus I dan II, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas IVB 72,5, sedangkan pada siklus II nilai yang diperoleh siswa kelas IVB 76. Pada siklus I persentase siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM berjumlah 73,5%, sedangkan pada siklus II meningkat jadi sebesar 85,3% semua data diperoleh berdasarkan nilai rata-rata yang didapat dari siklus I dan II. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru menggunakan penerapan PAKEM di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. |