Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:16 WIB
Detail
BukuKegiatan Outbound sebagai Sarana Pengembangan Life-skills di Kelas Besar SD Alam Madinah
Bibliografi
Author: DINASTI, MARIA FRANCISCA PUTRI ; INGRIDWATI KURNIA (Advisor)
Topik: Kegiatan Outbound; Pengembangan Life-Skills
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2014    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Maria Francisca Putri's Undergraduate Theses.pdf (6.79MB; 6 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-239
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Kegiatan outbound merupakan salah satu kegiatan yang memanfaatkan keunggulan alam, dimana peserta yang mengikuti outbound tidak hanya dihadapkan pada tantangan berpikir, tetapi juga fisik dan mental serta mendewasakan peserta didik baik dari sikap dan kepribadian, seperti disiplin, kemandirian, keberanian, dan sebagainya. Life-skills sendiri merupakan keterampilan dan keberanian untuk menghadapi problema kehidupan, kemudian secara proaktif dan kreatif, mencari dan menemukan solusi untuk mengatasinya. Yang termasuk dalam life-skills seperti keterampilan memecahkan masalah, keterampilan berpikir, kerjasama, dan sebagainya Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan outbound sebagai sarana pengembangan life-skills di kelas besar SD Alam Madinah. Objek penelitian ini adalah kegiatan outbound yang dilatih pada siswa kelas besar SD Alam Madinah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: pertama kegiatan outbound mengacu kepada KTSP yang telah dimodifikasi dengan kurikulum akhlatul qhorimah. Kedua perencanaan kegiatan outbound dilakukan dengan membuat program tahunan yang mengacu kepada kurikulum. Ketiga, pelaksanaan kegiatan outbound dilakukan baik di dalam area sekolah maupun di luar area sekolah. Keempat, kegiatan outbound memiliki dampak positif seperti perilaku yang semakin matang dalam perkembangan life-skills siswa. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa kegiatan outbound di SD Alam Madinah dapat mengembangkan life-skills yang dimiliki tiap siswa. Peneliti juga menyarankan agar sekolah memiliki lebih banyak lagi wahana permainan outbound yang lebih menantang sehingga permainan tidak monoton dan anak merasa lebih tertantang. Pendidik dalam kegiatan outbound atau istruktur sebaiknya lebih komunikatif dan menguasai segala bentuk permainan dengan lebih baik lagi. Peneliti lain diharapkan lebih memperdalam dan dapat mengembangkan penelitian secara lebih variatif dengan memperdalam kegiatan outbound.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)