Dalam kondisi yang serba sulit ini, khususnya dalam bidang ekonomi, setiap pelaku ekonomi selalu melakukan usaha agar dapat bertahan. Semua pelaku bisnis berlomba-lomba merebut pelanggan dari pesaingnya dan berusaha mendapatkan pelanggan baru. Persaingan ini tidak hanya terjadi pada para pelaku bisnis yang menghasilkan barang atau jasa tetapi persaingan ketat juga dapat terjadi pada para pelaku yang mendistribusikan atau menjual barang yang disebut retailer. PT Lotte Shopping Indonesia merupakan salah satu pebisnis retail di Indonesia yang terus berusaha mempertahankan dan meningkatkan posisinya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Consumer Relationship Proneness dan Store Image terhadap Satisfaction pelanggan retail Lottemart di Jakarta, dengan sampel 180 orang dan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Data didapatkan dengan membagikan kuesioner dan kemudian diolah dengan menggunakan program Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Lisrel 8.54. Dari hasil analisis data dengan menggunakan software Lisrel, didapat suatu kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Consumer Relationship Proneness dan Store Image terhadap Satisfaction pelanggan retail Lottemart di Jakarta. |