Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:50 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Efektivitas Storytelling untuk Meningkatkan Buy In Karyawan terhadap Nilai Inti di PT. JKLM (di dalam Proceeding Strategic Roles of I/O Phychology Konferensi APIO IV Surabaya, 12-14 November 2010)
Bibliografi
Author:
Benedictus, Ratri Atmoko
Topik:
Budaya organisasi
;
Storytelling
;
Buy-In
;
Action Research
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi
Tempat Terbit:
Surabaya
Tahun Terbit:
2010
Jenis:
Papers/Makalah - pada seminar nasional
Fulltext:
Strategic Roles - Ratrie Atmoko - optimized.pdf
(1.32MB;
12 download
)
Abstract
Budaya organisasi adalah nilai dan norma yang mengatur perilaku karyawan. Salah satu tahapan pengelolaan budaya organsiasi adalah tahapan buy in. Artinya, tiap karyawan mulai mampu dan mau untuk menyesuaikan diri dengan nilai inti organisasi. Penelitian ini merupakan siklus kedua dari pendekatan action research dalam penelitian tentang budaya organisasi. Tujuaannya untuk mengetahui efektivitas metode Storytelling dalam meningkatkan buy in terhadap nilai inti organisasi. Subjek penelitian ini adalah 28 karyawan baru sebuah perusahaan kontraktor pertambangan. Kelompok kontrol dengan jumlah yang sama ditentukan sebagai pembanding dari yang dihasilkan kelompokeksperimen. Buy indiukur dengan skala dan diberikan sebelum dan sesudah storytelling dilakukan. Sumber data lain adalah wawancara individual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa storytelling mampu meningkatkan buy in. Terbukti dari perbedaan yang signifikan pada taraf 0,07 antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol paska perlakuan. Indikator peningkatan buy in juga ditunjukkan oleh data hasil wawancara, antara lain diri sendiri sebagai pusat kendali penerapan Nilai Inti, komitmen untuk menerapkan Nilai Inti, dan sikap positif terhadapdampak langsung penerapan Nilai Inti.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)