Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:12 WIB
Detail
BukuStudi Pendahuluan: Pemanfaatan Peer-Assisted Learning pada Pemberian Materi Histologi dalam Blok Sistem Respirasi di Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya (presentasi makalah bebas pada PIN PAAI ke-14 di Denpasar, 12–13 Oktober 2012)
Bibliografi
Author: Sidharta, Veronika Maria ; Rukmini, Elisabeth
Topik: peer-assisted learning; peer tutor; mahasiswa fakultas kedokteran; histologi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Perhimpunan Ahli Anatomi Indonesia (PB PAAI)     Tempat Terbit: Denpasar    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Papers/Makalah - pada seminar nasional
Fulltext: Studi Pendahuluan - Pemanfaatan PAL pada pemberian materi histologi.pdf (20.53KB; 19 download)
Abstract
Introduksi: Saat ini metode pembelajaran berpusat pada (maha)siswa mulai dilirik dan diterapkan di berbagai bidang. Banyak metode pembelajaran berpusat pada mahasiswa yang diterapkan dan mulai dikembangkan, antaralain peer-assisted learning (PAL). Penelitian yang membandingkan antara kedua metode tersebut, khususnya yang mencerminkan keefektifan PAL di fakultas kedokteran,belum banyak dilakukan.

Metode: Kuliah histologi sistem respirasi dalam blok sistem respirasi tahun 2011 diberikan dalam bentuk konvensional. Mulai tahun 2012 kuliah tersebut mulai diberikan dalam bentuk PAL. Hasil ujian praktikum histologi antara kedua tahun tersebut dibandingkan. Respons mahasiswa, baik para mahasiswa yang menjadi peer tutor (PT) maupun mahasiswa peserta blok sistem respirasi terhadap sistem PAL dinilai melalui focus group discussion (FGD).

Hasil:Nilai mahasiswa hasil praktikum tahun 2012 menunjukkan peningkatan dibandingkan hasil tahun 2011. Secara keseluruhan terdapat peningkatan minat untuk bertanya mengenai materi yang diberikan, karena faktor rasa segan terhadap dosen berkurang pada sistem PAL. Selain itu karena diberikan dalam kelompok kecil, maka mahasiswa lebih memperhatikan bahan dan tentu saja lebih diperhatikan oleh PT.

Analisa dan Diskusi: PAL dapat digunakan sebagai alternatif pemberian materi kuliah di fakultas kedokteran. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menilai dampak PAL pada mahasiswa dan institusi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)