Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan yang dianggap penting dalam hidup manusia. Oleh karena itu, sebagian dari masyarakat Indonesia tidak ragu memilih untuk berobat ke luar negeri karena ingin mencari pelayanan kesehatan rumah sakit yang baik. Pada saat ini banyak orang yang memilih untuk berobat ke negara yang berdekatan dengan Indonesia, salah satunya yaitu negara Singapura. Hal ini dikarenakan service quality dari rumah sakit yang ada di Singapura dirasakan berbeda dengan yang ada di Indonesia.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman dari pasien yang pernah menjalani pengobatan di Singapura, baik rawat inap maupun rawat jalan, mengenai kualitas pelayanan rumah sakit yang baik. Informan dari penelitian kualitatif ini berjumlah 15 orang dengan latar belakang bervariasi dan yang pernah melakukan pengobatan di rumah sakit yang ada di Singapura. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa dimensi yang mempengaruhi kualitas pelayanan rumah sakit yang ada di Singapura. Dimensi – dimensi yang mempengaruhi pelayanan rumah sakit yang baik menurut pemahaman pasien sebagai konsumen antara lain technical, interpersonal, tangibles, access and responsiveness, value, outcomes, dan customer orientation. |