Anda belum login :: 27 Nov 2024 03:29 WIB
Detail
ArtikelKepuasan Pasien dan Kunjungan Rumah Sakit  
Oleh: Hafizurrachman
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (KESMAS) vol. 04 no. 01 (Aug. 2009), page 10-17.
Topik: KESEHATAN MASYARAKAT PELAYANAN KESEHATAN; Kepuasan; Kunjungan; Kualitas; tren.
Ketersediaan
  • Perpustakaan FK
    • Nomor Panggil: J41.K.03
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelKepuasan pasien ternyata tidak selalu meningkatkan kunjungan pasien di fasilitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kepuasan pasien dengan jumlah kunjungan di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan data primer survai pelayanan di rawat jalan dan rawat inap selama 9 periode pengukuran pada 2007 – 2009 dan data sekunderkunjungan rumah sakit pada periode yang sama,jumlah sampel adalah 125 pasien per periode yang diambil dengan metoda stratified random sampling. Analisis dilakukan secara analisis time series dengan metode tren kuadrat terkecil (least square method),analisis regresi sederhana dan analisis uji perbedaan tiga atau lebih rata-rata (uji-kruskal wallis). Penelitian ini memperlihatkan tingkat kepuasan pasien berpengaruh terhadap variasi jumlah kunjungan dengan nilai nol pada rawat jalan dan sangat kecil pada rawat inap. Pada rawat jalan tingkat kepuasan pasien tidak berbeda untuk setiap periode,tetapi pada rawat inap berbeda. Terlihat perbedaan tingkat kepuasan pasien rawat jalan dan di rawat inap,tetapi secara statistik diketahui tidak terlihat perbedaan tingkat kepuasan antara jumlah kunjungan pasien rawat jalan dan rawat inap pada setiap periode pengukuran di sutau rumah sakit swasta di Tangerang tersebut.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)