Laporan praktik magang ini penulis susun setelah penulis menyelesaikan tugas magang selama kurang lebih 150 jam kerja di PT Griya Mutiara Abadi. PT Griya Mutiara Abadi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Authorized Dealer ban mobil merek Dunlop. Penulis melaksanakan praktik magang di PT GMA sebagai Staff Marketing yang memiliki jobdesk antara lain melakukan penjualan secara langsung di toko, memeriksa laporan penjualan, menyurvei toko-toko langganan, melakukan pemesanan ban ke pabrik, selalu meng-update stock opname, meng-input penjualan dari para salesman. Pada PT GMA, Salesman merupakan tonggak utama dalam meningkatkan penjualan perusahaan. PT GMA sering berpartisipasi dalam setiap pameran bergengsi yang digelar di Jakarta sebagai upaya promosi perusahaan dalam menunjang target penjualan. Perusahaan tidak mempunyai masalah yang berarti yang dapat menghambat pertumbuhan usahanya. Masalah lebih diakibatkan karena kelemahan principie PT SRI yaitu keterlambatan sistem dalam memenuhi permintaan pasar, alternatif dalam melakukan pemesanan ban ke pabrik tidak efisien dan sering terjadinya kehabisan persediaan di pabrik. Penulis mencoba untuk memberi masukan kepada Tim Manajemen PT GMA untuk disampaikan kepada PT SRI sebagai pertimbangan dalam mengatasi masalahnya. |