Tingkat persaingan industri perbankan semakin ketat sehingga membuat biaya dalam mendapatkan nasabah baru semakin besar. Maka cara yang ditempuh bank untuk mengurangi biaya tersebut adalah dengan mendapatkan loyalitas konsumen. Salah satu cara untuk mendapatkan loyalitas konsumen adalah relationship marketing. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk meneliti pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas konsumen BCA. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 115 responden yang merupakan nasabah BCA Plaza Sentral, Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik convenience sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test, overall mean score (OMS), dan regresi linier berganda. Hasil penelitian dari relationsip marketing dinilai baik, begitu juga dengan hasil dari loyalitas konsumen juga dinilai baik. Selanjutnya, didapatkan hasil bahwa variabel trust, commitment, communication dan conflict handling berpengaruh terhadap loyalitas konsumen BCA. Kemudian dari analisis tersebut diketahui bahwa relationship marketing berpengaruh terhadap loyalitas konsumen BCA. |