Menyimak adalah mendengarkan lambang-lambang bunyi yang dilakukan dengan sengaja dan penuh perhatian disertai pemahaman, apresiasi, interpretasi, reaksi, dan evaluasi untuk memperoleh pesan, informasi, menangkap isi, dan merespon makna yang terkandung di dalamnya. Kemampuan menyimak perlu dikembangkan oleh siswa agar kemampuan siswa memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan, dan memahami komunikasi dapat berkembang, antara lain melalui model quantum teaching. Model quantum teaching merupakan model pembelajaran yang menggabungkan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam dan di sekitar momen belajar. Interaksi-interaksi inimencakup unsur-unsur belajar yang efektif yang dapat mempengaruhi kesuksesan siswa. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan bagaimanakah penerapan model Quantum Teaching untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita pendek pada pembalajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V di SD Santo Fransiskus 1. Subjek penelitian adalah guru sebagai peneliti dibantu kepala sekolah sebagai observer, dan siswa kelas V SD Santo Fransiskus yang berjumlah 21 anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif, hasil dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian : 1. Pembelajaran menggunakan Model Quantum Teaching dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita pedek pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Santo Fransiskus 1 Jakarta tahun ajaran 2012/2013.Hal ini terbukti dari rata – rata nilai kelas siklus 1 yaitu 71 meningkat menjadi 78 pada siklus ke dua. 2. Pembelajaran dengan model quantum teaching dapat mempengaruhi kesuksesan dan kemampuan murid untuk berprestasi karena pendekatan ini merupakan pendekatan belajar yang segar, mengalir, praktis, dan mudah diterapkan sehingga siswa semangat, antusias, dan dapat berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan. 3. Dengan menerapkan model quantum teaching pada pembelajaran menyimak cerita pendek hasil yang diperoleh sesuai dengan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia pada jenjang SD. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan adanya pelatihan guru untuk meningkatkan kemampuan mengajar melalui model quantum teaching sebab melalui pembelajaran quantum teaching akan meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Selain itu, guru perlu melakukan pengamatan secara berkala agar dapat memahami karakter siswa baik kelebihan dan kekurangannya. |