Anda belum login :: 24 Nov 2024 15:50 WIB
Detail
BukuPeran Guru dalam Pembentukan Karakter Percaya Diri Siswa melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Menara Harapan
Bibliografi
Author: ROBBY, MAHMUD ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: Peran guru; Karakter; Percaya diri; Pembelajaran Bahasa Indonesia; PGSD
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2013    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Mahmud Robby's Undergraduate Theses.pdf (373.55KB; 81 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-238
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Peran guru profesional, tidak terbatas pada hanya mentransfer ilmu semata, melainkan guru juga berperan sebagai pendidik, pelatih, bahkan sebagai konselor, karena guru juga mempunyai kewajiban moral terhadap anak didik. Percaya diri adalah suatu karakter yang utama bagi manusia. Karena percaya diri dapat dikatakan sebagai sebuah penentu dari kesuksesan. Percaya diri adalah sebuah kondisi membentuk motivasi instrinsik penuh keberanian yang ditimbulkan oleh seseorang secara sadar untuk menghadapi suatu hal sehingga mempunyai harapan yang jauh lebih besar dari ketakutannya. Karakter merupakan pencerminan pada kualitas seseorang yang berhubungan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai moral di dalam perilakunya sehari-hari. Karakter ini akan semakin terbentuk disaat seseorang menghadapi sebuah kesulitan di dalam hidupnya. Pembelajaran bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa di SD, karena kegiatan berbahasa adalah inti dari sebuah komunikasi serta penguasaan ilmu pengetahuan. Peneliti memilih judul skripsi ini karena menurut pendapat peneliti pembelajaran bahasa Indonesia adalah salah satu sarana yang tepat dan efektif untuk membentuk karakter percaya diri pada anak didik. Tujuan dari penelitian ini bagi peneliti lebih kepada mencermati peran guru dalam pembentukan karakter percaya diri siswa melalui pembelajaran bahasa Indonesia di SD Menara Harapan. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara langsung dan melalui media telepon serta dokumentasi video yang dilakukan pada 4 kelas yaitu kelas I, III, IV dan VI dengan subjek para guru bahasa Indonesia untuk kelengkapan pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini, peran guru dalam membentuk karakter percaya diri melalui pembelajaran bahasa Indonesia di SD Menara Harapan sudah cukup baik, akan tetapi masih dapat masih ditingkatkan lagi sehingga menjadi lebih optimal. Maka peneliti menyarankan dalam pembentukan karakter percaya diri siswa digunakan berbagai variasi pembelajaran dari berbagai sudut pandang serta metode baru yang lebih inovatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang berpusat pada siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)