Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:49 WIB
Detail
ArtikelPenerapan Pendekatan Coorperative Learning untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik  
Oleh: Stevanus, Ivan
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi: Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 7 no. 2 (Oct. 2009), page 61-74.
Topik: Coorperative Learning; Penyesuaian Sosial
Fulltext: Artikel ivan.pdf (24.01KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: PP51.3
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: J77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelKegiata pembelajaran akan lebih mudah dipahami oleh mahasiswa apabila disajikan dengan terencana dan melibatkan partisipasi aktif mahasiswa. Salah satu pendekatan permbelajaran yang dapat mengaktifkan mahasiswa adalah coorperative learning, yaitu pendekatan pembelajatan yang menekankan pada kegiatan kerja kelompok. Dalam kerja kegiatan kelompok, mahasiswa diarahkan agar dapat mengenal anggota kelompoknya dan dapat bekerja sama sehingga terdapat peningkatan dalam penyesuaian sosial diantara mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan coorperative learning dalam meningkatkan penyesuaian mahasiswa PGSD pada mata kuliah Perkembangan Peserta Didik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran coorperative learning mahasiswa dapat bekerja sama dengan baik, sehingga ada peningkatan kemampuan dalam penyesuaian sosialnya, Pendekatan ini dapat dikembangkan lebih lanjut oleh dosen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengembangan penyesuaian sosial mahasiswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)