Perkembangan era globalisasi saat ini memberikan perubahaan secara menyeluruh bagi seluruh bidang, Globalisasi berpengaruh pada pergeseran era pertanian menjadi era industri yang didukung dengan kemajuan teknologi. Semakin luas nya pasar global maka semakin membuka ruang kompetisi pasar internasional. Maka untuk menyingkapi hal tersebut, suatu perusahaan nasional dituntut memiliki strategi bersaing untuk mampu memasuki pasar internasional. Salah satu industri Indonesia yang melakukan ekspansi ke pasar internasional melalui ekspor adalah ASK by ASKY, ASK merupakan salah satu pelaku usaha industri fesyen Indonesia yang telah berhasil memasuki pasar Singapura. Banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh suatu industri lokal jika ingin berhasil memasuki pasar internasional, diantaranya adalah memperhatikan faktor lingkungan internal maupun eksternal. Oleh karena itu, tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi bersaing yang dilakukan industri ASK, sehingga kita dapat mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki ASK dalam memasuki pasar internasional Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data dari nara sumber melalui wawancara mendalam kepada manajemen industri ASK, yang dimana hasil penelitian harus sistematis dan berkesinambungan satu sama lain. Pengecekan validitas hasil penelitian dilakukan dengan memeriksa dokumen-dokumen pribadi pendistribusian produk ASK. Hasil penelitian menunjukan bahwa industri ASK mengekspor produk nya kepada pihak distributor di Singapura untuk dipasarkan, untuk dapat bersaing dengan pesaing lainnya ASK memiliki strategi khusus dalam memasuki pasar internasional dalam hal produksi barang, tema barang. Sehingga dapat disimpulkan ASK memiliki perkembangan yang progresif dan signifikan. |