Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bauran pemasaran berpengaruh terhadap retensi pelanggan Starbucks. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Starbucks. Sampel yang diambil sebanyak 107 responden dengan menggunakan teknik Non Random Sampling. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, tidak terdapat autokorelasi. Urutan masing-masing variabet yang paling berpengaruh adalah variabel promosi dengan nilai signtfikan sebesar 0,000, lalu variabel produk dengan nilai signifikan sebesar 0,002, sementara variabel tempat tidak memiliki pengaruh terhadap retensi pelanggan. Berdasarkan analisis means score, diketahui bahwa koefisien regresi tertinggi yaitu pada variabel yang memiliki overall mean square (oms) tertinggi adalah variabel tempat sedangkan nilai indeks tertinggi terdapat pada item pertanyaan nomor 3 dalam variabel produk dan terendah terdapat pada item pertanyaan nomor 2 dalam variabel promosi. Maka dengan demikian, Starbucks harus memperhatikan item pertanyaan nomor 2 dalam variabel promosi yaitu "saya sering menggunakan program promosi tersebut". Hal yang dapat dilakukan adalah dengan lebih menyebarluaskan akan adanya program promosi yang diadakan melalui media cetak/elektronik. Kata kunci: Produk, Tempat, Promosi, Loyalitas |