Anda belum login :: 27 Nov 2024 15:30 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Tinjauan Yuridis Terhadap Tanggung Jawab Pegawai PT. ANTAREJA PRIMA ANTARAN (RPX) Yang Menimbulkan Kerugian Bagi Konsumen
Bibliografi
Author:
PRIAMBODO, RADEN WIDYANTARA
;
Yudhistira, Dedy
(Advisor)
Topik:
Tinjauan Yuridis
;
Perbuatan Pegawai PT. ANTAREJA PRIMA ANTARAN
;
RPX
;
Kerugian Konsumen
;
Hukum Perdata
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2013
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Raden Widyantara P's Undergraduate Theses.pdf
(1.59MB;
7 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FH-3568
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
RPX yang berada dibawah naungan PT. Antareja Prima Antaran merupakan salah satu jasa pengiriman barang milik swasta yang ada di Indonesia yang menyediakan layanan untuk pengiriman ke berbagai daerah dalam negeri. Pengangkutan oleh RPX didasari dengan adanya perjanjian pengiriman yang dituangkan ke dalam form yang disebut dengan airwaybill, yang isinya memuat kewajiban dan hak yang dimiliki masing-masing oleh RPX sebagai pelaku usaha dan konsumen pengguna jasa pengiriman. RPX menyediakan layanan dimana konsumen dapat mengasuransikan paket yang dikirim tersebut, sehingga apabila paket tersebut hilang, rusak, atau terjadi hal lain yang merugikan konsumen akibat kesalahan atau kelalaian pelaku usaha maka konsumen berhak untuk mengklaim sejumlah uang yang telah disepakati. Pihak yang terlibat dalam perjanjian tidak memenuhi ketentuan dari perjanjian yang telah disepakati. Hal ini dilakukan oleh pelaku usaha RPX kepada konsumen Danny Fernandes sebagai konsumen pengguna jasa pengiriman yang juga memilih pengiriman barang dengan tambahan asuransi. Hubungan hukum antara konsumen dan RPX sebagai pelaku usaha didasarkan oleh perjanjian yang berisi klasula baku yang berisi ketentuan-ketentuan yang telah dipersiapkan secara sepihak oleh pelaku usaha. Dan salah satu ketentuan di dalam klasula tersebut adalah bahwa RPX bertanggung jawab atas pengiriman barang apabila terjadi kehilangan paket milik konsumen sesuai dengan peraturan yang ada di dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Pasal 19 yaitu Tanggung Jawab Pelaku Usaha. Penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif, penulis membahas mengenai penyerahan paket milik konsumen kepada pihak yang bukan dituju sebagaimana yang terdapat di perjanjian pengangkutan barang dan mengenai pertanggungjawaban RPX atas kerugian konsumen serta membahas mengenai ganti rugi berdasarkan contractual liability dan pengajuan klaim asuransi oleh konsumen.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)