Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:14 WIB
Detail
Buku"Pengaruh Karakteristik Pelanggan Komunitas Terhadap Loyalitas Merek (Studi Kasus : Komunitas Pecinta Sepeda Gunung di Kota Bogor)
Bibliografi
Author: KARIZA, DEA ; Widodo, Yohanes Eko (Advisor)
Topik: Pemasaran; Pelanggan Komunitas; Loyalitas Merek
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2013    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Dea Kariza's Undergraduated Theses.pdf (1.67MB; 256 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1796
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Komunitas sepeda gunung yang memiliki persamaan hobi, kecintaan an senang bermain sepeda di daerah pegunungan ini pasti akan memiliki hubungan sosial yang akrab dalam komunitasnya, karena biasanya mereka terbentuk berdasarkan hubungan yang dekat seperti keluarga, saudara, teman dekat, teman kantor, ataupun kenalan baru yang sering bermain bersama. Sehingga mereka membentuk komunitas tersebut secara resmi dan menggunakan nama resmi yang mereka sepakati bersama sebagai anggota dari komunitasnya agar dapat menjadi uphiller dan downhiller, kemudian mereka akan mencari tempat untuk berkumpul bersama, saling membicarakan tentang hobi sepedanya itu dan pastinya akan bermain sepeda secara bersama-sama dalam satu kelompok yang sudah terbentuk tersebut. Mereka semua yang sudah tergabung dalam satu komunitas sepeda gunung itu sudah pasti memiliki sebuah karakteristik pelanggan komunitas. Karakter ini berupa perilaku dan sikap dari konsumen tersebut yang dapat dipengaruhi oleh kondisi komunitasnya dan juga peran di dalamnya, yaitu terutama ketika dia ingin melakukan keputusan pembelian yang dapat terjadi melalui beberapa proses dan juga dilakukan secara bertahap, sehingga mereka dapat memiliki pilihan pada merek sepeda gunung yang ingin ibelinya. Karakteristik pelanggan komunitas tersebut akan menghasilkan kedua hal yang akan mempengaruhi pada merek pilihan mereka sendiri, yaitu pertama, akan langsung menghasilkan loyalitas kepada merek yang digunakan. Kedua, akan menghasilkan kepercayaan pada merek terlebih dahulu yang nantinya memperkuat terjadinya loyalitas kepada merek yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah karakteristik pelanggan komunitas memiliki pengaruh terhadap loyalitas merek dan kepercayaan pada merek memiliki pengaruh terhadap loyalitas merek pada komunitas pecinta sepeda gunung di Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan jenis kausal komparatif/hubungan sebabakibat. Pengumpulan datanya dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden komunitas pecinta sepeda gunung di Kota Bogor. Variabel independen pada penelitian ini adalah karakteristik pelanggan komunitas, variabel dependennya adalah loyalitas merek dan menggunakan variabel intervening yaitu kepercayaan pada merek. Digunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui apakah kedua variabel independen tersebut memiliki pengaruh terhadap variabel dependen. Hasil uji ini menghasilkan penjelasan bahwa karakteristik pelanggan komunitas ternyata tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas merek, tetapi kepercayaan pada merek memiliki pengaruh pada loyalitas merek. Selain itu dilakukan juga analisis jalur untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung dan jalur mana yang paling tepat dari salah satu variabel independen menuju variabel dependen yang terakhir. Hasil uji ini menghasilkan penjelasan bahwa jalur terbaik dan paling tepat untuk memberikan pengaruh kepada variabel loyalitas merek adalah dengan jalur secara tidak langsung atau memiliki jalur pengaruh secara bertahap melalui kepercayaan pada merek terlebih dahulu. Dengan demikian variabel intervening yaitu kepercayaan pada merek memiliki peran penting dan memang dibutuhkan sebagai penghubung antara variabel karakteristik pelanggan komunitas yang mempengaruhi dan variabel loyalitas merek yang dipengaruhi, sehingga variabel independen tersebut dapat mempengaruhi variabel dependennya secara lebih signifikan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)