Penelitian ini membahas tentang strategi dan implementasi pendekatan Kebudayaan Jerman melalui institusi budayanya, yaitu Goethe Institut. Melalui program Public Relations dan interaksi komunikasi lintas budaya, Goethe Institut memperkenalkan budaya Jerman dan Eropa kepada khalayak di Indonesia, khususnya di Jakarta. Penelitian ini menggunakan kerangka pemikiran berdasarkan konsep Public Relations, komunikasi lintas budaya, dan gangguan komunikasi lintas budaya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif melalui teknik observasi dan in-depth interview kepada pihak internal institusi dan para partisipan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dan implementasi PR Goethe Institut telah bejalan sesuai dengan fungsi dan peran PR dalam cakupan internasional. Kegiatan PR tidak saja memperkenalkan budaya Jerman ke Indonesia, namun juga mengembangkan interaksi komunikasi lintas budaya yaitu adanya saling pengertian dan intercultural dialogue antara budaya Jerman dan Indonesia, serta untuk menjalin aktifitas program Goethe Institut dengan baik. |