Anda belum login :: 24 Nov 2024 04:51 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Produsen Kaca ISHTAR
Bibliografi
Author:
SARI, AMELIA
;
Wibowo, Rusminto
(Advisor)
Topik:
Profit Margin
;
Rencana Bisnis
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2013
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Amelia Sari's Undergraduate Theses.pdf
(957.16KB;
11 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-1791
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Ishtar adalah sebuah produsen kaca yang membuat berbagai macam produk
dimana barang yang dihasilkan tesebut memiliki berbagai macam kegunaan,
tergantung dari barang yang dihasilkan dan fungsi akan barang tersebut. Barang –
barang yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai penghias atau pelengkap suatu
ruangan sesuai dengan kebutuhannya, mulai dari perumahan, gedung perkantoran dan
apartemen.
Latar belakang dari berdirinya usaha ini adalah adanya suatu keinginan yang
dimiliki pemilik usaha ini agar dapat memajukan dan lebih bisa mengembangkan
usaha bisnis ini melalui berbagai inovasi yang akan dilakukan dan diterapkan
sehingga usaha ini dapat terus dikenal oleh masyarakat luas.
Visi dari usaha bisnis ini adalah menjadi produsen kaca yang terdepan, terbaik
di bidangnya, terpercaya dan inovatif agar dapat terus memuaskan keinginan
konsumen dari segi kualitas produk yang dihasilkan. Sedangkan misi dari usaha ini
adalah melakukan inovasi akan produk yang dihasilkan, berusaha mengirim pesanan
konsumen tepat pada waktunya, berusaha agar Ishtar dapat terus dikenal oleh
masyarakat luas, mencoba dalam memperluas jangkauan pangsa pasar.
Target pasar yang dimiliki oleh usaha bisnis ini adalah para wanita muda yang
berasal dari kalangan menengah ke tasa yang pada saat ini memilih tinggal di
apartemen, dikarenakan hal inilah maka harga dari barang yang dihasilkan oleh usaha
xiv
bisnis ini juga lebih mahal dibandingkan dengan barang yang dihasilkan oleh usaha
yang bergerak di bidang yang sama.
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh usaha bisnis ini terdiri dari 4 P, yaitu
product, price, place dan promotion. Hal ini dipilih karena dianggap baik dalam
membantu mengenalkan usaha ini serta barang yang dihasilkan. Barang yang
dihasilkan oleh Ishtar dapat digunakan sampai beberapa tahun lamanya, sehingga
awet digunakan. Akan tetapi harga yang ditawarkan juga lebih mahal dibandingkan
dengan usaha yang bergerak di bidang yang sama, hal ini dikarenakan bahan yang
digunakan untuk menghasilkan barang tersebut memiliki kualitas yang baik. Lokasi
usaha bisnis ini dapat dikatakan cukup strategis karena terletak di pimggir jalan raya
sehingga memudahkan masyarakat untuk melihatnya. Untuk mempromosikan usaha
ini dilakukan dengan bantuan media sosisal yaitu facebook dan twitter serta word to
mouth. Hasil analisis yang telah dilakukan terkait dengan usaha bisnis ini akan
potensi pasar yang ada masih terbuka cukup luas. Hal ini dikarenakan banyaknya
pembangunan gedung – gedung yang terus – menerus dilakukan dan konsumen masih
memiliki minat akan barang yang dihasilkan oleh usaha bisnis ini. Usaha ini
memerlukan sumber daya manusia dalam mengerjakan sebagian besar kegiatan yang
terkait dengan usaha bisnis ini.
Jumlah sumber daya manusia yang dimiliki saat ini tidak terlalu banyak akan
tetapi jumlahnya akan meningkat seiring dengan berkembangnya usaha ini. Dalam
setiap proses pembuatan barang ada 6 orang yang terlibat, 1 orang bertugas dalam pengurusan administrasi, 1 sampai 2 orang bertugas sebagai supir yang mengantar
atau mengambil barang, sedangkan sisanya mengerjakan pesanan barang. Agar
kegiatan operasional usaha bisnis ini dapat berjalan dengan baik, maka diperlukan
berbagai peralatan dan perlengkapan yang akan membantu proses kegiatan
operasional dapat berjalan dengan baik dan barang yang dihasilkan bisa memuaskan
keinginan para konsumen.
Untuk dapat memuaskan keinginan para konsumen akan barang yang
diinginkan maka perlu dilakukan suatu inovasi terutama dari produk yang dihasilkan,
yaitu mencoba dengan membuat produk dari kaca inclay. Akan tetapi usaha ini bukan
hanya melakukan inovasi terhadap produk melainkan juga pada promosi yang
dilakukan dengan melalui internet.
Hasil dari analisis aspek keuangan terkait dengan usaha bisnis ini juga
menunjukkan bahwa usaha bisnis ini menghasilkan keuntungan dan layak untuk
dijalankan serta masih dapat berkembang. Hal ini terlihat dari profit margin sebesar
23.50%, return of investment 13.73% dan payback period sebesar 7 bulan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.21875 second(s)