Anda belum login :: 23 Nov 2024 20:19 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Tinjauan Yuridis Terhadap Iklan Mobil NISSAN MARCH Yang Menyesatkan Konsumen
Bibliografi
Author:
TJIPTAMUSTIKA, DIELA
;
Yudhistira, Dedy
(Advisor)
Topik:
Iklan Mobil Yang Menyesatkan
;
Perlindungan Konsumen
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2013
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FH-3491
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Kebutuhan masyarakat di era globalisasi ini sangat kompleks, bukan hanya kebutuhan
primer, sekunder melainkan kebutuhan tersier pun penting untuk memperlengkapi
kebutuhan manusia. Kebutuhan tersier makin didorong dengan adanya penawaran iklan
melalui media elektronik maupun media non-elektronik. Sehingga masyarakat sebagai
konsumen membutuhkan perlindungan hukum. Oleh karena itu Undang-Undang Nomor
8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan konsumen bertujuan untuk melindungi konsumen
dari tindakan kesewenangan perilaku pelaku usaha. Salah satu upaya yang dilakukan
untuk melindungi konsumen adalah dari bentuk tayangan iklan yang menyesatkan yang
dapat merugikan konsumen. Iklan mobil Nissan March yang diiklankan oleh PT. Nissan
Motor Indonesia melalui media non-elektronik, menginformasikan bahwa mobil Nissan
March memiliki kelebihan pada konsumsi bahan bakarnya yang irit yaitu 21,8 Km/L
(Manual) dan 18,5 Km/L (AT), namun ternyata apa yang diiklankan oleh pihak PT.
Nissan Motor Indonesia tersebut tidak sesuai dengan fakta yang telah dibuktikan oleh
ludmilla Arif sebagai konsumen yang telah membeli mobil Nissan March tersebut.
Penulis dalam skripsi ini membahas mengenai: Pertama, apakah iklan yang dibuat oleh
PT. Nissan Motor Indonesia dapat dikatakan merupakan iklan yang menyesatkan bagi
konsumen dan apakah iklan merupakan suatu janji yang disampaikan oleh pelaku usaha
kepada konsumen. Kedua, apakah BPSK merupakan suatu alternatif terbaik dalam
menyelesaikan masalah konsumen tentang iklan yang menyesatkan. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode juridis normatif. Kesimpulannya adalah bahwa iklan
mobil Nissan March yang dibuat oleh PT. Nissan Motor Indonesia adalah iklan yang
menyesatkan karena mengandung janji yang tidak pasti dan BPSK merupakan suatu
alternatif terbaik untuk menyelesaikan masalah konsumen tentang iklan yang
menyesatkan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)