Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu fungsi yang mempunyai peran penting di dalam kegiatan operasional perusahaan, khususnya di dalam mendukung pencapaian target perusahaan. Oleh sebab itu, Audit manajemen perlu dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan perekrutan, pelatihan, dan penilaian kinerja karyawan. Penulis memutuskan untuk melakukan penelitian terhadap PT Asuransi Allianz Indonesia yaitu perusahaan yang bergerak di dalam bidang asuransi. Pelaksanaan audit manajemen dilakukan dalam berbagai tahap yaitu pengumpulan data antara lain dengan memberikan Internal Control Questionnaires (ICQ), wawancara, dan Uji Ketaatan (Compliance Test), observasi ke perusahaan, pengumpulan bukti fisik terutama mengenai prosedur perekrutan, pelatihan, dan penilain kinerja karyawan. Pembahasan data dilakukan dengan menyajikan temuan-temuan selama audit. Berdasarkan hasil audit manajemen yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa fungsi perekrutan, pelatihan, dan penilaian kinerja karyawan pada PT Asuransi Allianz Indonesia sudah efektif dan efisien. Namun, ada beberapa kelemahan yang terjadi di dalam perusahaan. Atas kelemahan tersebut, penulis akan memberikan rekomendasi yang dapat dilakukan perusahaan dan bermanfaat bagi perusahaan di masa yang akan datang. |