Anda belum login :: 27 Nov 2024 16:18 WIB
Detail
BukuAnalisis Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agency Cost Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Perusahaan
Bibliografi
Author: Sjarief, Julianti (Advisor); Baskoro, Josef Tjahjo (Advisor); SINTIAWATI, WINA
Topik: Agency Theory; inerja Perusahaan; Kinerja
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2013    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Wina Sintiawati's Undergraduate Theses.pdf (1.64MB; 179 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEA-5349
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris bahwa struktur modal dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap agency cost suatu perusahaan serta memperoleh bukti empiris mengenai dampak dari agency cost terhadap kinerja perusahaan. Proksi yang digunakan untuk mengukur agency cost adalah cost operating ratio. Sedangkan struktur modal, ukuran perusahaan, dan kinerja perusahaan masing masing diproksi oleh debt to equity ratio, ln total aktiva, dan return on equity. Sampel yang digunakan adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2008-2010. Dari populasi sebanyak 134 perusahaan, dipilih random sample sebanyak 82 perusahaan yang diteliti dalam skripsi ini. Pengujian dalam penelitian ini dilakukan menggunakan software SPSS 20 dengan nilai sgnifikansi yang telah ditetapkan sebesar 10%. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis statistika deskriptif dan metode analisis regresi. Penelitian ini terbagi ke dalam dua bagian, yang pertama adalah analisis pengaruh struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap agency cost, dan yang kedua adalah analisis pengaruh agency cost terhadap kinerja perusahaan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa struktur modal dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap agency cost suatu perusahaan. Lebih lanjut lagi, secara parsial struktur modal berpengaruh negatef signifikan terhadap agency cost dan ukuran perusahaan juga berpengaruh negatif signifikan terhadap agency cost. Penelitian ini juga membuktikan bahwa agency cost berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan, yang artinya semakin besar agency cost akan mengakibatkan penurunan kinerja perusahaan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)