Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:13 WIB
Detail
BukuAnalisis faktor-faktor yang mendorong timbulnya minat berwirausaha dan hambatan menjadi wirausahawan (Studi kasus di perguruan tinggi wilayah KOPERTIS III) (dipresentasikan di dalam Kongres 3 AIABI di Institut Manajemen Telkom di Bandung)
Bibliografi
Author: Gunawan, Aristo Surya ; Cahayani, Ati
Topik: Minat Berwirausaha; Hambatan Memulai Usaha; Wirausahawan Muda
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia (AIABI)     Tempat Terbit: Bandung    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Papers/Makalah - pada seminar nasional
Fulltext: Analisis faktor-faktor yang mendorong minat berwirausaha dan hambatan berwirausaha.pdf (311.38KB; 55 download)
Abstract
Pendorong perubahan dan kemajuan suatu negara adalah para wirausahawan. Intinya, para wirausahawan memberikan kontribusi yang sangat tinggi bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan suatu Negara (Salimath dan Cullen, 2010). Hal ini dikarenakan para wirausahawan bisa membuka lapangan kerja dan mengurangi jumlah pengangguran. Untuk itu, perguruan tinggi perlu melakukan langkah preventif untuk mengantisipasi tidak terserapnya para lulusannya di
dalam lapangan pekerjaan sektor formal. Tetapi, langkah tersebut belum cukup karena upaya tersebut kurang berguna kalau tidak ada minat dari diri mahasiswa itu sendiri dan juga kalau mahasiswa tersebut tidak bisa mengatasi hambatan
untuk memulai usaha. Penelitian ini ingin menganalisis faktor-faktor yang mendorong timbulnya minat berwirausaha dan hambatan menjadi wirausahawan bagi mahasiswa di Universitas Katholik Atma Jaya, Universitas Bina Nusantara,
Institut Bisnis dan Informatika Indonesia, Institut Teknologi Indonesia. Teknik penentuan responden di dalam penelitian ini adalah teknik purposif. Dan, untuk pengumpulan data kuantitatif, kuesioner disebarkan kepada 300 responden dari 4
perguruan tinggi tersebut. Sementara itu, peneliti menetapkan responden yang diwawancarai untuk mendapatkan data kualitatif adalah sebanyak 40 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah mean score dan uji beda rata-rata untuk data kuantitatif dari penyebaran kuesioner, serta analisis kualitatif untuk data kualitatif yang didapat dari wawancara. Dari hasil pengolahan data yang ada, diketahui bahwa mayoritas responden menganggap bahwa faktor yang mendorong minat berwirausaha adalah otonomi serta kreativitas dan hambatan utama adalah keterbatasan dana dan ketiadaan ide bisnis.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)