Anda belum login :: 26 Nov 2024 18:15 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas III SD St. Vincentius
Bibliografi
Author:
SUMARCELIS, GABRIELA SEPTIANE
;
Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani
(Advisor)
Topik:
Pembelajaran Kooperatif
;
STAD
;
IPA
;
Hasil Belajar
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2013
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Gabriella Septiane S's Undergraduate Theses.pdf
(6.63MB;
66 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-211
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar dalam kelompok. Kelompok yang telah dibentuk memiliki tanggung jawab bukan hanya bagi setiap individu melainkan unuk kelompok. Setiap anggota dalam kelompok memiiki tanggung jawab dan kesempatan sukses yang sama. STAD merupakan salah satu metode belajar yang terdapat dalam model pembelajaran kooperatif. STAD menggabungkan siswa yang berbeda tingkat kemampuan dalam suatu kelompok. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru, lalu mereka akan bekerja dalam tim untu saling membantu memahami materi yang diajarkan. Setelah mempelajari materi, siswa mengerjakan soal untuk melihat sejauh mana pencapaian yang telah diperoleh setelah belajar dan kelompok. Penelitian dilaksanakan di SD St. Vincentius dengan jumlah murid 34 orang. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK, dengan melaksanakan siklus sebanyak dua kali. Hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan terhadap nilai KKM. Nilai KKM IPA adalah sebesar 73. Siklus I presentase siswa yang tuntas KKM adalah 14 orang siswa atau 45.16 % , lalu jumlah siswa yang tuntas KKM naik sebesar 33.62 % pada siklus ke II menjadi 26 orang siswa atau 78.78 %. Berdasarkan penelitian bukan hanya kemampuan siswa dalam bidang akademik yang meningkat, tetapi keterampilan sosial seperti berinteraksi dengan teman-teman sekitar juga meningkat. Gurupun juga semakin mengembangkan ketrampilan dalam mengembangkan metode belajar yang aktif dan juga menyenangkan bagi siswa.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.203125 second(s)