PAKEM merupakan model pembelajaran yang membuat peserta didik mengerjakan beragam kegiatan yang dapat memancing keaktifan, mengembangkan kreativitas siswa, meningkatkan efektivitas, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dalam proses pembelajaran. Hasil belajar adalah hasil akhir berupa kernampuankemampuan yang diperoleh siswa setelah mengalami proses belajar. Berdasarkan KTSP 2006 pembelajaran IPA dalam prosesnya diarahkan secara inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Penelitian ini akan fokus pada penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan yang berkaitan dengan alam sekitar dan kehidupan siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan PAKEM untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VB SD Tarsisius I Jakarta Pusat dalam materi penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek utama penelitian adalah peneliti yang turut melibatkan subjek lain yaitu siswa sebanyak 28 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Peneliti selama penelitian saling berkolaborasi dengan guru bidang studi IPA yang sebagai observer selama penelitian. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dengan penerapan PAKEM. Pada siklus I siswa menonton film, mengamati serangga yang diawetkan dan melalcukan kegiatan kelompok menyusun puzzle tumbuhan serta menghiasnya. Pada siklus II kegiatan lebih beragarn seperti, siswa melakukan presentasi, kegiatan kelompok membuat tabel sendiri tentang perlindungan diri tumbuhan, menonton film, mengamati tumbuhan dan permainan kuis cerdas cermat. Hasil belajar IPA terlihat meningkat dari peningkatan hasil pretes dan postes. Nilai rata-rata pretes di siklus I sebesm 54 meningkat pada hasil postes. sebesar 74, dart junttah siswa yang mencapai KKM meningkat 48%. Di siklus II pun terjadi adanya peningkatan dari nilai rata-tatapretes sebesar 60 meningkat pada hasil postes. sebesar 82, dan jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat 560/o. Pengamatan kegiatan pada siswa pun terlihat adanya peningkatan keaktifan sebesar 3TYo,kreativitas 30olo, efektivitas 30o , dat menyenangkan 630/o. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar IPA siswa kelas VB SD Tarsisius I Jakarta Pusat meningkat dengan penerapan PAKEM. Disarankan guru agar mau menerapkan PAKEM dalam pembelajaran tidak hanya dalam bidang studi IPA saja tetapi juga bidang studi lain. |