Selain membaca, menulis juga harus diakui sebagai sebuah aktivitas yang berbeda bila dibandingkan dengan berbicara dan menyimak. Karena menulis bukan kemampuan yang dikuasai secara alamiah, melainkan harus melalui proses pembelajaran dan latihan panjang supaya dapat terampil menulis. Siswa sekolah dasar diharapkan dapat menyerap aspek-aspek dasar keterampilan menulis sebagai bekal ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Salah satu jenis tulisan adalah menulis karangan narasi yang sengaja dipilih dalam penelitian ini. Karangan narasi mempunyai tujuan untuk menggambarkan dan menceritakan kepada pembaca tentang peristiwa tertentu, di mana pembaca seolah-olah melihat atau mengalami sendiri peristiwa tersebut. Kenyataan menunjukkan keterampilan menulis karangan narasi siswa masih rendah. Nilai tugas menulis karangan narasi siswa kelas III SD Santo Antonius I Jakarta Timur rata-rata 6,5 masih d bawah KKM (KKM 70). Mengatasi masalah tersebut, digunakan gambar seri melalui powerpoint untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Penelitian ini bertujuan “Mendeskripsikan Penggunaan Gambar Seri melalui Powerpoint dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi siswa kelas III semester I di SD Santo Antonius I Jakarta Timur”. Dengan meperhatikan ketentuan-ketentuan umum dalam membuat karangan untuk siswa SD. Menjawab permasalahan yang ada digunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan tindakan pada dua siklus. Siklus I difokuskan pada pembelajaran dengan menggunakan gambar seri yang ditampilkan melalui powerpoint untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan. Siklus II juga difokuskan pada pembelajaran yang sama dengan siklus I. Hasil analisis data penelitian, berdasarkan penilaian kemampuan menulis karangan yang mencakup aspek: 1) Ketepatan isi dan judul karangan dengan gambar, 2) Struktur Kalimat, 3) Koherensi Antar Kalimat, 4) Kompleksitas penggunaan kata, ejaan, huruf kapital, alenia, dan titik, 5) Kerapian Bentuk Karangan dan Tulisan. Penggunaan Gambar Seri melalui Powerpoint dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan analisis data observasi dan hasil dianalisis secara deskriptif. Hasil nilai mengarang setelah menggunakan gambar seri melalui powerpoint, menunjukan peningkatan dibandingkan nilai tugas mengarang sebelum siklus atau pretest. Nilai rata-rata sebelum siklus; 6,5 dan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM 20 orang atau 7%, sedangkan siswa yang mendapat nilai di atas KKM 8 orang atau 29%. Nilai rata–rata siklus I; 7,4 dan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM 11 orang atau 39%, sedangkan siswa yang mendapat nilai di atas KKM 17 orang atau 61%. Nilai rata-rata pada siklus II; 8,1 dan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM 3 orang atau 11%, sedangkan siswa yang mendapat nilai di atas KKM 25 orang atau 89% dari total 28 siswa. Berdasarkan penelitian ini, disarankan guru dapat menggunakan gambar seri yang ditampilkan melalui powerpoint sebagai salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis, terutama menulis karangan. Media ini sangat bermanfaat khususnya bagi guru, siswa, dan sekolah dalam proses pembelajaran dan diharapkan guru dapat menggunakan media ini dengan bervariasi. |