Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:58 WIB
Detail
BukuPenerapan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IVA SDN Kota Bambu 03 Pagi
Bibliografi
Author: SUSANTI, YULIANA ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Metode Kerja Kelompok; Hasil Belajar; Mata Pelajaran IPS
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2013    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Yuliana Susanti's Undergraduate Theses.pdf (1.37MB; 28 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-201
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Metode kerja kelompok adalah metode pembelajaran kerja kelompok dapat diartikan sebagai suatu kegiatan belajar - mengajar dimana siswa dalam suatu kelas dipandang sebagai suatu kelompok atau dibagi atas kelompok - kelompok kecil untuk mencapai suatu tujuan pengajaran tertentu. Memupuk kemauan dan kemampuan kerja sama diantara peserta didik. Hasil belajar adalah suatu akibat dari proses belajar dengan menggunakan alat pengukuran, yaitu berupa tes yang disusun terencana, tes tertulis, dimana suatu organisme mengalami perubahan perilaku karena adanya pengalaman dan proses belajar telah terjadi jika didalam diri anak telah terjadi perbuatan tersebut diperoleh dari pengalaman sebagai interaksi dengan lingkungan. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode kerja kelompok pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SDN 03 Pagi Kota Bambu. Subjek penelitian ini terdiri dari guru, observer dan siswa/i kelas IV SDN 03 Pagi Kota Bambu sebanyak 33 siswa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat terlihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa serta didukung pencapain meningkatnya nilai KKM. Dari nilai saat pre tes hanya 42. 26 saat menerapkan metode kerja kelompok pada siklus I nilai rata-rata siswa pada siklus I naik menjadi 67.68, didalam siklus II nilai rata-rata siswa semakin meningkat menjadi 85.31 Ilmu Pengetahuan sosial sendiri adalah salah satu mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, yang berkaitan dengan isu social dimana siswa diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai dan objek yang dipelajari, maupun metode/pendekatan dari tiap-tiap disiplin ilmu-ilmu sosial tersebut, dengan menguasai konsep IPS yang bersumber dari masyarakat dan lingkungan dapat menambah wawasan yang luas, melalui metode kerja kelompok ini dapat mendukung tercapainya hasil belajar yang menyeluruh serta mendukung tercapainya hasil nilai belajar siswa yang meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk guru agar dapat mencari atau bervariasi lagi metode-metode pembelajaran yang lain seperti metode kerja kelompok dengan suasana kelas yang menjadi hidup sehingga proses belajar pembelajaran dikelas sangat menyenangkan bagi para siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)