Multimedia diartikan sebagai penggunaan berbagai jenis media secara berurutan maupun simultan untuk menyajikan suatu informasi. Kemampuan transfer multimedia penting dalam proses pembelajaran. Multimedia berguna untuk meningkatkan keingintahuan dan motivasi anak untuk belajar. Penelitian ini memiliki fokus tentang transfer. Transfer adalah kemampuan untuk menggunakan materi tersaji dalam situasi baru. Ada tujuh komponen multimedia pada transfer yang akan digunakan dalam penelitian ini, yaitu multimedia terhadap transfer, keterdekatan ruang terhadap transfer, keterdekatan waktu terhadap transfer, koherensi bagi transfer, modalitas terhadap transfer, redundasi terhadap transfer, dan perbedaan individual terhadap transfer. Pembelajaran Matematika adalah suatu ilmu yang dipelajari menggunakan penalaran. Matematika berguna bagi kehidupan kita sehari-hari. Contohnya saja materi KPK, KPK dapat digunakan untuk membuat rencana pribadi mingguan, uang jajan, mengatur jadwal kegiatan sehari-hari. membagi beberapa macam barang secara adil kepada teman-temannya. Siswa membuat jadwal piket berdasarkan waktu dan kelompok yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan transfer multimedia kelas IV SD dalam pembelajaran Matematika materi KPK. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Antonius, dan SD Hati Suci, Jakarta Pusat yang berjumlah 55 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket, hasil dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian :. 1. Dari 7 komponen kemampuan transfer multimedia yang masuk yang masuk dalam klasifikasi tinggi paling banyak berasal dari komponen keenam yaitu redundasi terhadap transfer (76,3%). Itu menunjukkan bahwa anak lebih menyukai materi diberikan dengan narasi saja daripada narasi dan text on screen. Sedangkan presentase responden yang masuk dalam klasifikasi rendah paling banyak berasal dari komponen yang keempat yaitu koherensi bagi transfer (7,2%) itu menunjukkan bahwa multimedia yang dibuat sudah sesuai dengan bahasa dan materi untuk siswa kelas IV SD. 2. Secara umum kemampuan transfer multimedia masuk kedalam klasifikasi tinggi dengan presentase 62% dan memiliki rata-rata 3,7%. Dapat disimpulkan bahwa peran multimedia masuk keklasifikasi sedang tetapi banyak siswa yang terbantu dalam pembelajaran kelas IV SD. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk menggunakan multimedia dalam proses pembelajaran agar siswa menjadi aktif di dalam kelas oleh karena itu, guru perlu belajar membuat multimedia untuk meningkatkan hasil belajar. |