Menganalisa Pertanyaan Pemahaman akan Teks Baca yang Terdapat di Latihan Membaca pada Sebuah Buku Teks untuk Tingkat Sekolah Dasar: Sebuah Studi Kasus di SDN 03 Pagi Tanjung Barat Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisa apakah latihan membaca yang terdapat di dalam buku teks Bahasa Inggris Kelas 6 Untuk SD & MI telah menunjukkan kompetensi membaca yang harus dicapai siswa yang mana tercantum di dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, dan apakah latihan – latihan tersebut telah mencerminkan jenis dan bentuk dai pertanyaan pemahaman yang diusulkan oleh Day dan Park (2005), di mana mereka meyakini bahwa jenis pertanyaan – pertanyaan tersebut dapat membantu siswa untuk menjadi pembaca yang interaktif. Data yang diambil dianalisa dengan menggunakan dua alat ukur, yakni silabus pengajaran Bahasa Inggris yang dirancang oleh guru – guru Bahasa Inggris di SDN 03 Pagi Tanjung Barat, dan teori lima bentuk dan enam jenis pertanyaan pemahaman yang dikembangkan oleh Day dan Park (2005). Hasil studi menunjukkan bahwa tidak semua materi ajar yang terdapat di buku teks sesuai dengan tema, kompetensi dasar dan indikator pembelajaran siswa yang tertuang di silabus pengajaran Bahasa Inggris sekolah. Sementara itu, hasil yang lain menunjukkan bahwa kendati tidak semua bentuk dan jenis ertanyaan pemahaman dari teori Day dan Park (2005) terdapat di dalam latihan membaca yang ada di buku teks, setidaknya ada beberapa bentuk dan jenis pertanyaan pemahaman tersebut yang digunakan penulis buku dalam membuat pertanyaan – pertanyaan di latihan membaca. Jadi, secara keseluruhan, pertanyaan – pertanyaan yang terdapat di latihan membaca di buku teks ini dapat dikategorikan sebagai pertanyaan pemahaman karena mereka telah mencerminkan bentuk dan tipe yang dimaksudkan sebagai pertanyaan pemahaman (teks baca) oleh Day dan Park (2005). |