Persaingan ketat di dalam dunia kerjaberdampak pada persaingan yang terjadi pada industri pendidikan selaku institusi yang mempersiapkan para pelajar menjadi tenaga kerja. Unika Atma Jaya sebagai Universitas Katolik terkemuka di Indonesia juga mengalami persaingan ini.Sebagai bentuk dari tindakan dan strategi yang dapat dilakukan, pemahaman mendalam mengenai organisasi, terutama DNA merek, diperlukan untuk memenangkan persaingan. Penulis mengumpulkan data pada tanggal 20 November 2012 hingga 6 Desember 2012 dengan semi-structured interview yang melibatkan 2 kelompok informan, yaitu mahasiswa angkatan 2009 dan 2011, yang masing-masing terdiri dari 8 orang. Dalam menganalisis data kualitatif, penulis menggunakan model Miles and Huberman dengan 3 tahap analisis reduksi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur DNA merek Unika Atma Jaya yang dipersepsikan oleh kedua kelompok informan adalah lokasi strategis, organisasi, Katolik, dan pendidikan berkualitas. Data juga menunjukkan terjadinya pergeseran pada unsur yang mengikuti DNA Katolik dan kualitas pendidikan, serta munculnya DNA lingkungan yang bersih oleh kelompok informan 2009 yang sudah mengalami proses masa studi 2 tahun lebih lama. |