Perubahan logo berpengaruh pada sebuah merek atau perusahaan dari berbagai segi. Dalam penelitian ini penulis akan membahas dari segi brand personality dan karakteristik logo Starbucks. Ada lima dimensi dari brand personality dan satu dimensi dari karakteristk desain logo untuk melihat perubahan yang terjadi. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian untuk melihat perbedaan persepsi brand personality logo lama dan logo baru Starbucks, dengan studi kasus di Starbucks Coffee Cibubur Square Kilometer 10 tol Jagorawi. Penulis melakukan penelitian dengan melakukan wawancara dengan 130 orang pelanggan. Waktu dan tempat penelitian pada senin 18 Juni sampai dengan rabu 20 juni 2012 di Starbucks Coffee kilometer 10 tol Jagorawi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji reliabilitas, uji validitas, analisis overall mean score, dan uji peringkat bertanda Wilcoxon. Dari hasil uji reliabilitas dan validitas dapat disimpulkan bahwa variabel dari dimensi brand personality dan karakteristik desain logo memiliki reliabilitas dan validitas yang baik. Overall mean score menunjukkan dimensi tergambar pada logo lama dan logo baru. Sedangkan hasil Uji Wilcoxon dapat dilihat adanya perbedaan persepsi dari brand personality terhadap logo. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari dimensi sincerity, excitement, sophistication, dan karakteristik desain logo. Dimensi competence dan ruggedness tidak menujukkan adanya perbedaan. |