Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:05 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Melalui Pendekatan Group Process Pada Mata Pelajaran IPA Kelas v sd st. Ignatius Menteng Jakarta Pusat
Oleh:
Anindyta, Pricilla
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 7 no. 1 (May 2009)
,
page 12-22.
Topik:
Perilaku Asertif
;
Pendekatan Group Process
Fulltext:
Pricilla - Psikoedukasi v17n1.pdf
(926.96KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
PP51.3
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
J77
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Kecenderungan siswa yang menunjukkan perilaku agresif atau pasif perlu ditangani guru karena perilaku tersebut dapat menyebabkan suasana kelas menjadi ribut dan siswa tidak dapat berkonsentrasi belajar akhirnya tujuan pembelajaran tidak tercapai. Melalui pendekatan group process, peneliti dapat berharap dapat meningkatkan perilaku asertif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas V SD St. Ignatius Loyola Jakarta Pusat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perubahan perilaku siswa, dari perilaku agresif atau pasif menjadi perilaku asertif; siswa laki-laki yang dapat mengungkapkan pendapat dengan lantang meningkat dari 5 menjadi 7 siswa sedangkan perempuan meningkat dari 3 menjadi 6 siswa; siswa laki-laki yang dapat berekspresi ramah berjumlah 4 siswa sedangkan siswa perempuan meningkat dari 6 menjadi 8 siswa; siswa laki-laki yang dapat menyatakan protes dengan wajar berjumlah 5 siswa sedangkan siswa perempuan meningkat dari 8 menjadi 9 siswa; siswa laki-laki yang dapat membedakan hal yang perlu direspon meningkat dari 4 menjadi 7 siswa sedangkan siswa perempuan meningkat dari 4 menjadi 8 siswa.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)