Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:08 WIB
Detail
BukuAnalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Initial Return Saham Pada Saat Initial Public Offering (IPO) Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2007-2011
Bibliografi
Author: [s.n]
Topik: Initial Return Saham Pada Saat Initial Public Offering (IPO); Bursa Efek Indonesia
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEA-5283
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penawaran umum atau yang lebih dikenal dengan Initial Public Offering (IPO) merupakan salah satu sumber pendanaan yang sedang marak digunakan bagi perusahaan yang sedang membutuhkan dana. Daiam melakukan IPO dikenal dengan istilah fenomena underpricing dimana harga yang ditawarkan di pasar perdana lebih rendah daripada harga yang ditawarkan di pasar sekunder. Penulis mencoba untuk menguji seberapa besar variabel peneiitian mempengaruhi underpricing. Peneiitian ini memiliki empat variabel bebas yaitu reputasi underwriter, profrtabilitas perusahaan, leverage ratio, dan ukuran perusahaan yang diduga memiliki pengaruh terhadap variabel terikatnya yaitu underpricing. Adapun sampel yang digunakan dalam peneiitian ini adaiah perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 2007-2011 yang mengalami kondisi underpnced dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data yang digunakan dalam peneiitian ini adaiah data sekunder yang berupa prospektus perusahaan, Indonesian Capital Market Directory, dan Fact Book. Dari hasil peneiitian menunjukkan bukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari reputasi underwriter terhadap underpricing saham. Sedangkan variabel profitabilitas perusahaan, leverage ratio, dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing.

Abstrak
Penawaran umum atau yang lebih dikenai dengan Initial Public Offering (IPO) merupakan salah satu sumber pendanaan yang sedang marak digunakan bagi perusahaan yang sedang membutuhkan dana. Dalam melakukan IPO dikenai dengan istilah fenomena underpricing dimana harga yang ditawarkan di pasar perdana lebih rendah daripada harga yang ditawarkan di pasar sekunder. Penulis mencoba untuk menguji seberapa besar variabel penelitian mempengaruhi underpricing.
Penelitian ini memiliki empat variabel bebas yaitu reputasi underwriter, profitabiiitas pemsahaan, leverage ratio, dan ukuran perusahaan yang diduga memiliki pengaruh terhadap variabel terikatnya yaitu underpricing. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 2007-2011 yang mengalami kondisi underpriced dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa prospektus perusahaan, Indonesian Capital Market Directory, dan Fact Book.
Dari hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari reputasi underwriter terhadap underpricing saham. Sedangkan variabel profitabiiitas perusahaan, leverage ratio, dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.203125 second(s)