Penawaran umum atau yang lebih dikenal dengan Initial Public Offering (IPO) merupakan salah satu sumber pendanaan yang sedang marak digunakan bagi perusahaan yang sedang membutuhkan dana. Daiam melakukan IPO dikenal dengan istilah fenomena underpricing dimana harga yang ditawarkan di pasar perdana lebih rendah daripada harga yang ditawarkan di pasar sekunder. Penulis mencoba untuk menguji seberapa besar variabel peneiitian mempengaruhi underpricing. Peneiitian ini memiliki empat variabel bebas yaitu reputasi underwriter, profrtabilitas perusahaan, leverage ratio, dan ukuran perusahaan yang diduga memiliki pengaruh terhadap variabel terikatnya yaitu underpricing. Adapun sampel yang digunakan dalam peneiitian ini adaiah perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 2007-2011 yang mengalami kondisi underpnced dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data yang digunakan dalam peneiitian ini adaiah data sekunder yang berupa prospektus perusahaan, Indonesian Capital Market Directory, dan Fact Book. Dari hasil peneiitian menunjukkan bukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari reputasi underwriter terhadap underpricing saham. Sedangkan variabel profitabilitas perusahaan, leverage ratio, dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing. Abstrak Penawaran umum atau yang lebih dikenai dengan Initial Public Offering (IPO) merupakan salah satu sumber pendanaan yang sedang marak digunakan bagi perusahaan yang sedang membutuhkan dana. Dalam melakukan IPO dikenai dengan istilah fenomena underpricing dimana harga yang ditawarkan di pasar perdana lebih rendah daripada harga yang ditawarkan di pasar sekunder. Penulis mencoba untuk menguji seberapa besar variabel penelitian mempengaruhi underpricing. Penelitian ini memiliki empat variabel bebas yaitu reputasi underwriter, profitabiiitas pemsahaan, leverage ratio, dan ukuran perusahaan yang diduga memiliki pengaruh terhadap variabel terikatnya yaitu underpricing. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 2007-2011 yang mengalami kondisi underpriced dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa prospektus perusahaan, Indonesian Capital Market Directory, dan Fact Book. Dari hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari reputasi underwriter terhadap underpricing saham. Sedangkan variabel profitabiiitas perusahaan, leverage ratio, dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing. |