Praktik magang dilaksanakan di PT Sanrend Jaya yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam penjualan pigmen impor. Dalam melaksanakan usahanya, perusahaan menjadikan penjualan pribadi (personal selling) sebagai fokus utama dalam meningkatkan penjualan. Berbeda dengan pasar konsumen, penjualan pribadi (personal selling) pasar bisnis merupakan satu-satunya instrumen yang paling penting dalam melakukan komunikasi dengan konsumen pasar bisnis. Dengan menggunakan penjualan pribadi (personal selling), perusahaan dapat mengetahui masalah yang dihadapi konsumen dan memberikan solusi yang tepat sesuai dengan kemampuan perusahaan. Setelah melaksanakan praktik magang, penulis menemukan beberapa masalah yaitu lemahnya kemampuan perusahaan dalam peramalan permintaan (demand forecasting) dan lemahnya metode transportasi perusahaan yang memiliki waktu tempuh yang cukup lama. Kedua hal ini menyebabkan perusahaan tidak dapat menutupi permintaan-permintaan akan produk tertentu yang tidak dapat diperkirakan oleh perusahaan sehingga dapat menurunkan tingkat kepuasan konsumen. Beberapa saran diberikan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut seperti peningkatan dalam kualitas peramalan permintaan (demand forecasting) dan penggunaan transportasi lain khusus untuk permintaan tertentu. |