Perusahaan perbankan telah menjadi salah satu pilar utama pendorong dan penggerak pembangunan nasional. Industri perbankan semakin dituntut untuk terus memperbaiki kualitas serta kinerjanya sesuai dengan kompetensi yang semakin hari semakin meningkat. Salah satu upaya yang perlu dibenahi adalah dengan meningkatkan citranya di mata nasabah dan masyarakat. Tetapi kenyataan yang dihadapi saat ini, masyarakat semakin mengharapkan pelayanan yang semakin baik sesuai dengan perkembangan zaman. BNI sebagai perbankan yang sudah lama bergerak di bidang inipun tidak terlepas dari permasalahan diatas. Hal ini menjadi bahan acuan untuk BNI agar semakin meningkatkan profesionalitas kerja dalam memuaskan keinginan dan kebutuhan nasabahnya serta banyak menjaring nasabah-nasabah baru. Dengan dukungan dari para staf yang profesional, aset perusahaan yang tersebar di Indonesia, serta penerapan teknologi canggih, BNI mempunyai komitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi nasabahnya. Dalam melihat persepsi nasabah terhadap jasa-jasa layanan perbankan, penulis merumuskan jasa layanan tersebut dalam lima variabel yaitu: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Penulis meneliti 100 orang responden yang sedang berada di BNI cabang pembantu kampus Untar I yang mempergunakan jasa-jasa layanan perbankan di cabang tersebut. Data yang telah didapat dari para responden kemudian dianalisa dengan program komputer SPSS 16.0 dengan metode Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar responden merasa kurang puas terhadap kualitas layanan dari BNI cabang pembantu kampus Untar I. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian, sebagian besar responden menyatakan tingkat kinerja masih berada dibawah tingkat kepentingan, namun terdapat responden yang menyatakan kinerja perusahaan sudah sesuai dengan tingkat kepentingannya. Saran dari penulis bagi BNI cabang pembantu kampus Untar I adalah agar BNI cabang pembantu kampus Untar I lebih memberi perhatian pada atribut layanan yang masih dianggap kurang bagi nasabahnya. |