Penulis melaksanakan praktik magang karena penulis berpikir pentingnya praktik magang bagi mahasiswa karena dapat berguna untuk persiapan penulis dalam memasuki dunia kerja dan memperoleh pengalaman serta pengetahuan di dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Perusahaan tempat penulis praktik magang adalah PT Eastern Pearl Flour Mills yang bergerak dalam bidang industri pengolahan biji gandum menjadi tepung terigu. Selama praktik magang, penulis ditempatkan pada bagian Sales and Marketing Help Desk Officer. Sales and Marketing Help Desk Officer bertugas untuk menerima telepon dan email pelanggan, mencatat informasi data pelanggan, memberikan informasi langsung kepada pelanggan, mengumpulkan hasil pencatatan informasi yang diterima untuk diserahkan kepada Sales and Marketing Admin, mengarsipkan formulir informasi atau keluhan pelanggan.Selama melaksanakan praktik magang penulis menemukan beberapa masalah antara lain kurangnya tenaga marketing yang stanb by untuk menerima pertanyaan teknis, cakupan area yang luas sehingga tidak terjangkau oleh team sales, sambungan hotline perusahaan yang terbatas hanya satu line saja sehingga terjadi antrian pelanggan. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis memberikan saran antara lain perusahaan dapat menempatkan tambahan beberapa tenaga marketing dan menambah jumlah team sales, fasilitas line telepon seperlunya disesuaikan dengan faktor biaya dan efisiensi. |