Open Skies salah satu bentuk kerja sama yang tidak asing lagi dalam industri penerbangan. Tujuan dari Open Skies adalah untuk menghilangkan batasan-batasan udara secara penuh dengan membuka wilayah udara masingmasing di setiap negara-negara yang ikut dalam kebijakan ini. Hal ini akan direalisasikan di negara Indonesia dalam kebijakan ASEAN Open Skies 2015 dan fenomena ini akan berdampak kepada maskapai-maskapai penerbangan di Indonesia khususnya PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang merupakan the flag carrier of Indonesia. Dalam memasuki kebijakan ASEAN Open Skies, tentunya PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk harus mempunyai strategi bersaing yang mampu memetakkan manfaat dan keuntungan dari diberlakukannya ASEAN Open Skies ini. Untuk itu diperlukan analisis lingkungan bisnis yang terdiri dari analisis ii lingkungan eksternal, lingkungan industri dan lingkungan internal. Tujuan dari penulisan skripsi ini skripsi ini untuk mengetahui penerapan strategi bersaing PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. dan menganalisis strategi tersebut sehingga kita dapat mengetahui kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunity) dan ancaman (Threat) yang dimiliki PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dengan karyawan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk., studi kepustakaan, serta dokumen-dokumen yang dimiliki oleh PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Melalui hasil penelitian, diketahui bahwa PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. telah merumuskan rencana strategi perusahaan dari tahun 2011 sampai dengan 2015 sebagai acuan dan pengembangan perusahaan dari berbagai aspek operasi, manajemen hingga bisnis. Penerapan strategi Quantum Leap ini sebagai salah satu penerjemah visi dan tujuan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Untuk menjadi world’s best airline, yang setiap tahunnya terdapat milestones untuk mengukur keberhasilan kinerja PT. Garuda Indonesia Indonesia (Persero) Tbk. Peningkatan yang signifikan terbukti dari berhasilnya PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. mendapatkan berbagai penghargaan ditahun 2012 seperti The world’s best regional airline dan The best regional airline in Asia, yang secara bertahap akan diakui keberdaannya di tingkat internasional. Untuk menjadi global player dalam industri penerbangan diikuti dengan peningkatan brand awareness dan peningkatan kualitas pelayanan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. iii Dengan strategi Quantum Leap menunjukan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. semakin berkembang dan bertumbuh dalam hal operasional, pelayanan pelanggan, dan finansial. Dengan Quantum Leap diharapkan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. mampu menyetarakan posisinya sebagai global player dalam industri penerbangan dan siap untuk menghadapi ASEAN Open Skies yang akan diberlakukan sepenuhnya pada tahun 2015 serta dapat mempertahankan eksistensinya dalam industri ini. |