Banyaknya perusahaan asing yang masuk ke Indonesia ikut meramaikan perekonomian di negeri ini. Keadaan ini menarik respon para entrepreneur Indonesia untuk terus berkreasi dan berinovasi agar tidak kalah bersaing dengan perusahaan asing yang ada. Industri kreatif semakin bermunculan meramaikan perekonomian nasional. Fesyen menjadi industri kreatif yang paling banyak diminati oleh para pelaku usaha. Nikicio menjadi bagian dari industri kreatif fesyen Indonesia yang telah berhasil bersaing dan memasuki pasar ekspor di Singapura. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti perkembangan Nikicio di Indonesia serta keunggulan kompetitif dari komparasi pasar yang digunakan di kedua Negara baik di Indonesia maupun Singapura. Penelitian yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data dari narasumber menggunakan wawancara mendalam kepada pemilik perusahaan dan konsumen Indonesia serta Singapura. Berdasarkan komparasi pasar yang telah dianalisis, Nikicio Indonesia unggul dalam hal volume produksi, tempat, dan promosi. Nikicio Singapura unggul dalam segment, harga, dan target pasar. Dengan demikian menjadikan Nikicio sebagai bagian dari industri kreatif yang memiliki perkembangan yang cukup progresif dan signifikan. |