Dalam rangka memenuhi persyaratan kelulusan studi manajemen, penulis melakukan praktik magang dimana diharapkan pada akhir dari praktik magang tersebut penulis dapat mempelajari dan menerapkan teori-teori yang di dapat dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Dan juga penulis menilai bahwa PT Boehringer Ingelheim yang sudah berkecimpung lama di dunia bisnis dapat memberikan pengalaman kerja yang sesungguhnya. Kelebihan yang dimiliki oleh PT Boehringer Ingelheim Indonesia dalam proses menentukan sales brief adalah perhitungan data pendukung sales brief yang tepat seperti target outlet dan target sales masing-masing outlet oleh trade marketing manager karena proses analisis yang didukung oleh data-data history selalu update tiap bulannya. Selain itu memiliki pabrik pembuatan produk sendiri sehingga kualitas produknya terjamin. Kelemahan pada PT Boehringer Ingelheim Indonesia terletak pada harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan para pesaingnya. Selain itu kurang tenaga kerja pada bagian trade marketing serta admin region yang kurang tanggap dalam meng-update database. Peluang yang dimiliki olah PT Boehringer Ingelheim Indonesia adalah jumlah outlet seperti toko obat, apotek dan pedagang besar farmasi yang selalu bertambah. Selain itu minat masyarakat dalam mengkonsumsi obat bebas juga makin meningkat. Ancaman bagi PT Boehringer Ingelheim Indonesia adalah mulai bermunculan same product dari perusahaan lain, distributor yang terlanjur besar dan juga daya beli pembeli yang semakin tinggi yang memudahkannya berpindah ke produk lain. |