PT Yaozhong Resources merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis trading batubara yang dikirim ke kantor pusat Xiamen, China. Tujuan dari pelaksaan kegiatan praktik magang ini ialah untuk menerapkan ilmu yang telah Penulis dapatkan diperkuliahan pada saat bekerja di PT Yaozhong Resources sebagai Marketing Staff. Bentuk pemasaran yang digunakan oleh PT Yaozhong Resources khususnya untuk mencari supplier produk batubara dan Perkapalan adalah metode pemasaran bisnis untuk bisnis (Business-to-Business Marketing). Strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan pemasaran langsung. Kekuatan yang dimiliki oleh PT Yaozhong Resources adalah memiliki kerjasama jangka panjang dengan pembangkit listrik pemerintah China, memiliki rata-rata dalam satu bulan PT Yaozhong Resources dapat melakukan pengapalan, serta memiliki modal yang kuat di perusahaan Indonesia. Adapun kelemahan PT Yaozhong Resources yang dapat menghambat pertumbuhan perusahaan adalah perbedaan bahasa yang digunakan oleh PT Yaozhong Resources dalam melakukan hubungan kerjasama dengan supplier, pengenalan perusahaan dengan pemasok masih rendah. Perusahaan memiliki peluang besar untuk meningkatkan produktivitas batubara karena meningkatnya populasi penduduk di China dan kebutuhan menggunakan listrik, sekaligus memiliki ancaman dari harga pasar China yang akan membuat kerugian besar saat menjual kepada pembeli, serta adanya perubahan peraturan dari pemerintah Indonesia akan eksport. |