Anda belum login :: 24 Nov 2024 00:20 WIB
Detail
BukuPenerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDK Satu Bakti Bogor
Bibliografi
Author: SULISTIYANTO, ANTONIUS TRI ; INGRIDWATI KURNIA (Advisor)
Topik: Pendekatan Inkuiri; Hasil Belajar IPA
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Antonius Tri Sulistiyanto's1 Undergraduate Theses.pdf (2.22MB; 19 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-196
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pendekatan inkuiri adalah pendekatan yang lebih menekankan pada proses pembelajaran dimana siswa mencari suatu konsep pembelajaran sehingga siswa dapat memecahkan masalah melalui hasil pengamatan dan percobaan. Hasil belajar IPA adalah bentuk perubahan tingkah laku dari proses pembelajaran yang berupa nilai-nilai di dalam test sebagai bukti bahwa siswa telah memahami suatu konsep materi pada pelajaran sains/IPA. Penelitian ini diadakan dengan tujuan mendiskripsikan penerapan pendekatan inkuiri yang dapat meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA dengan topik energi dan perubahannya. Peneliti yang dibantu oleh guru sebagai observer dan siswa kelas IV SDK Satu Bakti Bogor dengan jumlah 38 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dengan jenis PTK yang mencakup empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. Dalam siklus I hasil belajar siswa ada peningkatan pada pre dan post test, pada siklus I semua benda yang sering dilihat siswa sehingga lebih mudah dalam pemahaman materi, seperti lilin, air panas, karet, pemggaris mika, dan ada pula dari segi pemahaman siswa kurang pada saat penggerjaan soal pre dan post test. Pada siklus I dan II dengan pendekatan inkuiri, dengan 6 langkah pembelajaran dengan pendekatan inkuiri, (1) observasi, pada langkah ini siswa diterangkan tujuan pembelajaran dan suasana kelas yang responsif. (2) merumuskan masalah, siswa diberikan suatu masalah tentang energi panas pada siklus I dan energi bunyi pada siklus II, agar siswa aktif berpikir dan juga merangsang rasa ingin tahu siswa. (3) merumuskan hipotesis, dari permasalahan yang diberikan siswa menarik sebuah hipotesis untuk menjawab pertayaan tersebut. (4) mengumpulkan data, siswa mencatat data yang dibutuhkan siswa untuk menjawab sebuah pertayaan yang diberikan oleh guru. (5) menguji hipotesis, siswa menguji hipotesis yang dibuatnya dan juga data-data yang dimilikinya. (6) merumuskan kesimpulan, dari semua kegiatan yang dilakukan oleh siswa, maka siswa mencoba menarik kesimpulan yang dibantu oleh guru. Hasil belajar pada tiap siklus mengalami peningkatan dengan rata – rata pre tes dan post tes pada tiap siklus. Siklus I mengalami peningkatan sebanyak 15,97 poin. Sedangkan siklus II meningkat sebanyak 20,5 poin. Kesimpulannya berdasarkan temuan dalam penelitian mengenai pendekatan inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPA pada materi energi dan perubahannya. Sarannya bahwa guru menggunakan pendekatan inkuiri dalam melaksanakan pembelajaran khususnya pelajaran IPA.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)